Mouse Optical



Empat tahun semenjak peluncuran pertama optical mouse oleh Microsoft, telah ditemukan ribuan kasus kelainan pada jaringan tangan akibat radiasi yang dipancarkan mouse. Optical mouse bekerja dengan memancarkan gelombang elektromagnetik frekuensi tinggi ke permukaan di bawahnya. Frekuensi yang digunakan jauh lebih tinggi daripada ponsel.


Telapak tangan dan kaki merupakan pusat ujung-ujung saraf tubuh. Radiasi yang dirasakan oleh telapak tangan bisa berpengaruh fatal pada kesehatan, karena menurut WHO radiasi dari mouse setara lima kali radiasi ponsel. Akan tetapi, radiasi mouse menjadi berbahaya karena dipegang terus menerus oleh pemakai computer.


Pengaruh radiasi dari mouse lebih terasa pada produk-produk berkualitas rendah, karena produk-produk yang bagus memiliki shield (pelindung) untuk melindungi pergelangan tangan. Jika diperhatikan, mouse-mouse optical yang beredar di pasaran saat ini diproduksi oleh merek-merek yang tidak terkenal, padahal itu hanyalah sisa produksi industri besar yang sudah menghentikan penjualan.


Untuk itu, cobalah memegang mouse hanya di saat diperlukan saja. Berlatihlah menggunakan hotkey seperti Ctrl-C atau Ctrl-V. atau kembali menggunakan mouse model lama (bola).


Sumber : HealthNews

0 komentar: